Kapan Waktunya Anda Updgrade Kamera ? - MITRAKAMERA

Kapan Waktunya Anda Updgrade Kamera ?

4 bulan yang lalu

A Post By: Bobby Baker

Jika anda seperti saya, anda akan senang membaca dan belajar tentang peralatan fotografi yang terbaru. Mencari di majalah foto populer bulanan dan situs online, membaca review, artikel produk, dan iklan-iklan, sangat sulit untuk akhirnya tidak pergi ke toko kamera terdekat dan mulai menghabiskan uang! Tetapi, benar-benar membutuhkan peralatan yang baru dapat menjadi sesuatu yang sangat berbeda. Mari kita lihat apa yang mungkin, atau mungkin juga tidak, benar-benar butuh sebagai peralatan untuk mendukung jiwa seni anda.

 

Korban iklan, atau anda memang benar-benar membutuhkannya?

Yes, besarnya megapixel kamera dapat menjadi hal yang sangat sexy, dan setiap bulan sepertinya ada saja yang baru, lebih baik dari yang sebelumnya, lensa-lensa yang perlu dipertimbangkan. Disamping fotografi saya juga punya hobi di mobil sport. Saya selalu tertawa dengan istilah “horsepower war” (perang tenaga kuda). Pabrikan otomotif selalu memompa hasrat pecinta mobilnya dengan menambahkan jumlah tenaga kuda – menghasilkan tenaga yang lebih besar dari yang anda butuhkan, kecuali jika anda seorang pembalap! Perusahaan kamera, juga melakukan hal yang sama dengan menjual megapixel yang membuat orang sampai meloncat untuk membelinya karena lebih banyak megapixel pasti selalu lebih bagus, benarkah? atau apakah begitu kenyataannya? Semua itu tergantung. Tanyakanlah pada diri anda sendiri pertanyaan berikut :

 

#1 Apakah anda senang dengan hasil yang anda dapatkan dari kamera anda saat ini – untuk apakah anda memotret?

Jika anda menjawab yes, bagus! Teruslah memotret dan berkembanglah, dan anda akan tahu kapan waktunya untuk upgrade peralatan anda

 

#2 Sudahkah anda mendalami semua settingan dan kemampuannya dan memahami cara mengoptimalkan kamera yang anda pakai saat ini?

Saya berani bertaruh hanya sedikit dari kita yang sudah secara penuh mendalami kameranya

 

#3 Apakah anda sudah memahami dengan jelas tentang megapixel, ukurannya dan hubungannya dengan sensor, dan apa arti semua itu untuk ukuran cetak?

Sebaiknya pahami hal ini terlebih dahulu sebelum anda pergi membeli body baru karena megapixelnya lebih banyak

 

#4 Apakah anda dapat memotret ukuran file yang tepat untuk ukuran print yang anda butuhkan dengan konsisten dalam hasil gambar yang berkualitas tinggi?

Jika anda membutuhkan ukuran print yang lebih besar dan berkualitas lebih tinggi dari yang dapat anda hasilkan sekarang, maka boleh dipertimbangkan untuk upgrade peralatan

 

 

#5 Apakah anda dapat menghasilkan uang dan kebahagiaan pelanggan dengan peralatan anda searang jika anda seorang profesional?

Lalu mengapa ingin berurusan dengan peralatan yang lebih bagus? Teruslah memotret dan perbanyaklah pelanggan anda. Tetaplah mengamati perkembangan produk baru. Dan anda akan tahu kapan anda perlu menggantinya

 

#6 Apakah anda siap dan nyaman untuk menghabiskan beberapa juta rupiah untuk peralatan terbaru?

Yang terbaru dan terbaik biasanya hadir dengan harga yang mahal. Anda juga akan membutuhkan battery baru, kartu memory atau upgrade komputer anda. Jadi pertimbangkanlah

 

#7 Apakah anda merasa perlu upgrade peralatan agar terlihat sebagai fotografer yang serius?

Apakah anda merasa terintimidasi karena anda tidak mempunyai body yang pro, dan merasa bahwa anda memerlukannya untuk terlihat pro – walaupun mungkin anda tidak memerlukan body metal, anti air dan cuaca atau full frame?

Ini adalah alasan terburuk untuk membeli peralatan tambahan! Teruslah belajar, berkembanglah, dan percaya dirilah bahwa pekerjaan anda berawal dari mata dan otak anda – bukan dari seberapa keren peralatan Anda

 

#8 Apakah lensa dan body kamera anda saat ini tidak dapat membuat anda produktif?

Jika anda menunjuk pada sesuatu yang akan berkaitan langsung dengan kualitas kerja yang lebih baik, maka perlulah mempertimbangkan untuk investasi pada peralatan yang lebih baik
Jika anda menjawab: “iya, peralatan terbaik dan terbaru akan membuat perbedaan yang signifikan dalam pekerjaan atau bisnis saya” maka alasan ini masuk akal untuk membeli peralatan baru untuk memenuhinya

 

 

Ketahuilah kapan anda PERLU peralatan baru

Jika anda hanya suka membeli semua peralatan terbaru secepat dan sebisa mungkin, dan mampu untuk melakukannya, itu sangat kereen, menyenangkan, dan baik untuk anda – tetapi bagi saya ini selalu tentang apa yang anda lihat, bagaimana anda melihatnya, dan bagaimana anda menangkapnya – bukan tentang peralatan yang dipakai. Baru-baru ini saya punya sebuah Nikon D800, D700, dan saya juga masih punya D300 saya (saya menukarnya dengan D80 saya dan beberapa peralatan untuk D300). Saya cukup terlambat membeli D800, membelinya di ujung tahun setelah rilisnya. Saya akui semua review tentang kamera 36.3 megapixel ini sangat menggoda saya untuk secepatnya membeli dan mengeluarkan $3000 untuk membelinya. Sementara itu saya melihat kebutuhan saya, dan pada saat itu juga saya merasa semua peralatan lama saya masih melayani saya dengan sangat baik dengan D700 saya – yang masih saya sukai.

 

Sebagai seniman fotografi dan perkembangan bisnis, saya merasa perlu untuk menyediakan file yang lebih besar untuk menghasilkan cetakan yang lebih besar. Itulah saat dimana saya mempertimbangkan D800, dan secara langsung membelinya – karena saya membutuhkannya. Dengan penuh rasa terimakasih pada lensa-lensa saya, perlahan tapi pasti saya menggantinya dengan beberapa lensa level profesional yang harganya cukup mahal, tetapi benar-benar membuat perbedaan besar pada pekerjaan saya. Sekali lagi, ini bukan tentang membeli peralatan karena baru, atau terkenal di sampul majalah, tetapi karena saya sudah membutuhkannya.

 

Beberapa waktu lalu saya mengunjungi Austin, Texas dalam urusan yang tidak berkaitan dengan fotografi, dan kebetulan kunjungan saya bersamaan dengan acara SXSW, saya ingin memastikan bahwa saya membawa sebuah kamera. Sy ambil D300 saya dari dalam tas dengan lensa 18-200mm DX nya. Yes, sy ambil kamera tertua saya, body non fullframe DX dan lensa yang sebuah lensa yang ada di urutan ketiga dari lensa FX faforit saya untuk SXSW. Dan anda tahu kemanapun saya mengarahkan lensa saya minggu lalu di Austin, saya pasti melihat seseorang memotret dengan kamera terbaru nya. Hal ini tidak mengganggu saya sedikitpun! Anda dapat melihat hasil foto saya di website saya dalam SXSW Portfolio. Gambarnya di review oleh majalah Shutterbug yang dituliskan dalam koleksinya, “it makes you want to be there, an interesting link to the musical nature of Bobby Baker’s remarkable photography.” Saya tidak perlu peralatan terbaru untuk memotret kesempatan ini dengan sukses, hanya perlu kamera yang bagus dan solid (walaupun sudah jadi produk yang discontinue lebih dari 5 tahn yang lalu) untuk memahami bagaimana menggunakannya, dan sepasang mata yang bagus.

 

Saya tidak mengatakan bahwa anda tidak perlu membeli peralatan baru yang sedang hot di pasaran; yang ingin saya katakan adalah membeli peralatan yang anda butuhkan dan anda mampu membelinya, dan jangan termakan iklan atau lebih buruk, tertekan kaerena sahabat anda mempunyai kamera dengan megapixel yang besar dan anda perlu untuk mengikutinya. Ini tentang apa yang anda lihat, dan apa yang anda ciptakan ketika memotretnya, bukan apa yang anda gunakan untuk memotretnya.

 

Diterjemahkan dari : http://digital-photography-school.com/